Thursday, August 4, 2011

[Review] X-MEN: FIRST CLASS (2011)

Director Matthew Vaughn
Cast James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence
Distributor 20th Century Fox Genre Action, Adventure, Drama

This year is all about Marvel. Tahun 2011 diserbu oleh banyak adaptasi live-action comic yang berebut posisi teratas, dan sekali lagi didominasi oleh comic group terbesar dan termenarik di dunia, Marvel. Kali ini, dengan "X-Men First Class", semua hal yang belum terjawab di empat instalmen sebelumnya coba dijelaskan dengan detail dan seru. Apa saja yang terjadi di proyek superhero yang satu ini?

Marvel dan DC Comics memang nggak asing di telinga jutaan moviegeek khususnya yang gila sama komik. Dua comic-publication-media ini nggak ada bosannya mengeluarkan jagoan mereka masing-masing ke publik. Jagoan Marvel sebut saja superhero semacam Spiderman, X-Men, sampai The Avengers yang didalamnya beranggotakan beberapa superhero gabungan seperti Thor, Iron Man, dll. Sedangkan bagi DC Comics, mereka punya satu jagoan terkenal yang pasti semua orang tahu, siapa lagi kalo bukan Superman. Oiya Batman, Catwoman, dll juga DC Comics loh. Mungkin bagi beberapa orang sulit untuk ngebedain antara superhero DC dan Marvel, tapi menurut gw, kayaknya cerita superhero DC lebih ke feel-dark aja gitu, dibanding Marvel yang lebih fun. Seperti yang udah gw sebut tadi, X-men juga salah satu superhero termahsyur dari Marvel. Setelah sebelumnya diadaptasi ke dalam empat buah film, kali ini muncul lagi film X-Men yang baru, yaitu X-Men First Class. Apa aja yang diceritakan di proyek prekuel ini? Sebagus apa sih film ini dibanding empat predecessor nya?
Mengambil setting waktu sekitar tahun '40-an dan '60-an, di era perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, X-Men First Class memulai ceritanya. Cerita dimulai dengan prolog childhood yang disajikan bergantian antara Charles Xavier dan Erik Lehnserr (yang nantinya akan dikenal sebagai Professor X dan Magneto). Erik adalah seorang bocah Jewish yang menjadi tawanan di sebuah camp-concentration milik faksi Nazi pada era Perang Dunia II. Saat memaksa untuk dipersatukan dengan ibunya karena keduanya dipisahkan satu sama lain, Erik melampiaskan amarahnya hingga mengeluarkan mutant-power dimana ia bisa menggerakkan dan mengontrol semua benda logam. Melihat hal tersebut seorang ilmuwan kejam asal Auschwitz bernama Sebastian Shaw (Kevin Bacon), memaksa Erik untuk menggerakkan sebuah koin logam, dengan ancaman akan membunuh ibunya apabila ia tak sanggup melakukan hal tersebut. Gagal memenuhi permintaan Shaw, ibu Erik pun ditembak mati dibelakang dirinya, dan seketika kemarahan ia lontarkan dengan mengeluarkan kekuatan mutannya.

Di tempat yang berbeda, si bocah Charles adalah anak dari keluarga kaya raya di New York. Suatu malam tanpa sengaja ia bertemu dengan mutan bernama Raven (Jennifer Lawrence) yang sedang mencari makan di dapurnya. Dari situ mereka mulai berkenalan dan membentuk ikatan kakak-beradik. Dari awal sudah terlihat bagaimana kehidupan Charles dan Erik yang sangat bertolak belakang. Bertahun-tahun kemudian saat mereka dewasa, Charles berubah menjadi profesor hebat dan bekerja sama dengan Moira MacTaggert (Rose Byrne), agen CIA yang sedang menyelidiki eksistensi mutan di Amerika sana. Erik masih menantikan saat yang tepat untuk bertemu Shaw dan membalaskan dendamnya. Dipertemukan oleh persamaan tujuan dan sasaran, Charles dan Erik pun mengumpulkan kekuatan untuk membentuk kelompok mutan yang akan menghadang misi Sebastian Shaw, yang bisa mempengaruhi terjadinya Perang Dunia III. Satu per satu mutan bergabung dengan mereka. Pertempuran mencapai klimaksnya pada krisis Kuba dimana armada Angkatan Laut Amerika Serikat dan Uni Soviet berkonfrontasi di Teluk Babi. Walaupun memiliki tujuan yang sama, tapi perbedaan visi antara Charles dan Erik tidak bisa mempertahankan hubungan satu sama lain.
Jujur, X-Men adalah superhero favorit gw. Menurut gw, X-Men menunjukkan bagaimana sebuah live-action dari komik superhero seharusnya dibikin. X-Men sendiri sebelumnya telah dibuat beberapa film adaptasi. Dari X-Men pertama di tahun 2000 yang terbilang sukses, lalu hadir X2 yang bagus banget, diikuti oleh instalmen final dari trilogi awal yang lumayan bagus. Lalu ada lagi spin-off dari mutan tangguh Wolverine, lewat X-Men Origins: Wolverine di tahun 2009 lalu. Agak ruwet juga sih kalo melihat film-film X-Men yang semuanya muncul di dekade yang sama, dan ditambah First Class yang hadir dengan pernyataan bahwa ini adalah awal dari trilogi yang baru. Ok, dulu gw cukup bingung tapi sekarang udah ngerti lah. According to people says about X2, gw setuju banget. Sekuel pertama itu memang terbukti bagus dan lebih baik dari predecessor-nya sendiri. X-Men 1 dan X2 punya kelebihan di sisi satirnya yang mengedepankan isu rasialisme dan kemanusiaan. Sayangnya semuanya jadi kendor lewat kehadiran X-Men: The Last Stand sebagai final dari trilogi awal tersebut. Menurut gw agak berlebihan juga mendengar kritikkan banyak orang yang berpikiran bahwa Last Stand sangatlah buruk. Nggak kok, bagi gw X-Men: The Last Stand masih bagus, yang pasti minus isu-isu maupun konflik yang tidak seistimewa dua film sebelumnya. Spin-off dari Wolverine lah yang kata gw sangat menurunkan citra dari film-film X-Men itu sendiri. Dibuat dengan kesan buru-buru dan memanfaatkan kesuksesan finansial sangatlah terlihat, alhasil filmnya jadi nggak berkesan.

Melihat kesuksesan X-Men dan X2 baik dari segi finansial maupun respon positif yang membanjir, Bryan Singer sepertinya masih menaruh hati pada proyek instalmen ini. Tidak mau meninggalkan X-Men dan sepertinya mau 'menyembuhkan' banyak kesalahan di The Last Stand dan Wolverine, Singer memutuskan untuk bergabung dalam prekuel ini. Meskipun begitu, ia hanya mampu menduduki posisi produser dan memberikan kursi sutradara ke Matthew Vaughn. Keputusan itu cukup berdalih, ia mengaku tidak mau terlalu direpotkan banyak pekerjaan karena sedang terfokus pada proyek Jack The Giant Killer. Oiya ada yang unik, sutradara yang came-out-as-a-gay ini pada tahun 2006 lalu lumayan sukses menyutradarai film superhero lain yang datang dari 'negeri seberang', yaitu Superman (DC Comics). Lalu apakah X-Men: First Class ini boleh disebut dengan sebutan lain seperti X-Men 5? Tidak. Banyak yang tidak diketahui orang-orang mengenai hal yang satu ini. X-Men 1 sampai X-Men: The Last Stang adalah trilogi tunggal yang terpisah dari dua film berikutnya, baik itu Wolverine maupun First Class. Sedangkan X-Men Origins: Wolverine hanyal proyek spin-off gagal yang ironisnya disarankan oleh Singer sendiri untuk tidak mempedulikan film tersebut (waktu itu saya interviewnya di TotalFilm). Nah, kalau X-Men First Class merupakan instalmen pertama dari proyek trilogi baru yang secara langsung terpisah dari empat film sebelumnya. Dua sekuel sudah dipersiapkan untuk melengkapi trilogi-prekuel ini. Di film X-Men terbaru ini, ada satu hal yang coba dikembalikan, yaitu seragam warna kuning yang digunakan para mutan di komik.

Mari berbicara mengenai isi filmnya. First of all, perlu gw nyatakan bahwa prekuel ini adalah film yang sangat berhasil dalam mengembangkan banyak ekspektasi dan membuang jauh-jauh segala keraguan gw sebelumnya. Dengan cerdas First Class menghadirkan banyak unsur penting seperti yang dimiliki dua film X-Men terdahulu, segi cerita maupun visualisasi. Bicara visualisasi, jangan diremehkan dulu karena yang satu ini memiliki efek visual yang ditata dengan baik berikut editing-sequence yang bagus dan tidak membingungkan. Visual efeknya sendiri nggak 'wah' banget sih, tapi udah layak dikatakan baik apalagi dibantu sound-editingnya yang cukup menggelegar. X-Men memang tidak pernah pusing-pusing untuk memaksimalisir bagaimana sebuah film dapat enjoyable sebatas berkat peran efek visual semata. Melainkan bagaimana orang bisa asik nonton melalui cerita yang nggak sampah dan memiliki banyak isu kuat di dalamnya. Masih sama seperti fim-film sebelumnya, X-Men First Class ini kembali memperdebatkan isu kemanusiaan dan rasialisme. Semuanya disampaikan lewat penggambaran karakter mutan-mutan yang bisa dibilang kasihan. Segala bentuk diskriminasi coba ditentang mereka walaupun kenyataannya sangat sulit mempengaruhi manusia untuk sedikit mengerti. Yang gw dapet adalah jangan bisa menilai dan men-cap seseorang dengan gampangnya tanpa tahu gimana sih mereka suffering selama ini. Kasihan loh melihat mutan-mutan yang nggak tahu kenapa mereka bisa jadi seperti itu malahan ditentang mati-matian oleh manusia. Well, mereka kan nggak minta untuk jadi seperti itu, kenapa harus dianggap jahat? 
Sebenarnya yang menjadi topik utama disini adalah hubungan antara Charles Xavier "Profesor X" dan Erik Lehnsherr "Magneto". Udah bukan rahasia kalau ke depannya mereka justru malah bersaing dan bertarung mati-matian. Ini lah yang mau dijelaskan First Class, apa penyebab dari pertarungan dua sosok penting ini. Ada yang nyadar nggak sih, di film-film X-Men pertama si Magneto sering banget manggil Professor X dengan "Hello, old friend"? Dari conversation pendek itu lah yang jadi cikal bakal gw untuk penasaran ke depannya, emang apa sih yang terjadi di masa lalu? Untungnya semuanya terjawab lewat kehadiran prekuel ini. Gw suka banget melihat perbedaan karakter antara mereka yang dulu dan nantinya. Kalo di masa depan si Professor X digambarkan sebagai sosok yang sangat dingin, beda sekali dengan masa mudanya. Charles dulunya adalah sosok yang cerdas dan bisa dibilang lebih lentur dari masa tuanya. Sedangkan Erik di masa muda tergambar sebagai sosok dingin yang haus dendam, berbeda dengan masa tuanya yang kejam namun tidak serapuh dirinya dahulu. Dua tokoh utama tersebut dimainkan dengan sangat baik oleh duo James McAvoy dan Michael Fassbender. McAvoy memerankan sosok Charles dengan penggambaran yang sempurna lewat sisi karismatis dan terbuka. Sedangkan perhatian justru lebih tertuju ke penampilan Fassbender, yang menurut gw adalah penokohan sekaligus penampilan terbaik dalam film. Sosoknya yang emosional dan terkesan destruktif dibangun sangat baik dengan penjiwaan karakter yang sempurna dan sukses merebut hati gw. Beda banget loh, padahal di X-Men yang dulu gw rada benci sama Magneto. Tapi disini gw kasihan dan suka banget sama wataknya, gw bahkan masih care sampai di saat-saat dia meninggalkan Charles sekalipun.

X-Men: First Class menandai awal berkembangnya pertanyaan cukup membingungkan dari kisah superhero ini; "mana yang baik, mana yang salah". Bagi manusia yang totally nggak tahu bagusnya eksistensi mutan dan menganggap mereka membahayakan, mungkin sah-sah saja mereka begitu, toh mereka kan nggak ngerti. Dan bagi mutan, mereka jelas nggak suka cara manusia memperlakukan mereka yang terang-terangan menolak keberadaan mereka. Skema good vs. evil juga kadang jadi pertanyaan besar dalam X-Men. Ya seperti yang gw tulis tadi, orang kadang bingung mana yang salah mana yang benar. But for me personally, human are totally wrong at this point and should have to apologize to mutants, hahaha. Ada beberapa selingan dialog yang stuck di otak gw dan gw akui bener-bener bagus. First Class memiliki salah satu chemistry terbaik yang pernah ada dari dua tokoh utamanya, yaitu Charles dan Erik. Chemistry mereka berdua adalah faktor utama dalam terdorongnya kesuksesan naskah yang tidak membosankan. Tidak seperti spin-off Wolverine yang lebih terpaku ke konflik fisik antara dua tokoh, disini Matthew Vaughn lebih tertarik untuk menghadirkan konflik verbal dalam pola pikir keduanya yang jelas sangat berbeda. Diluar dendamnya karena sang ibu dibunuh oleh Shaw, Erik memiliki pandangan kokoh yaitu manusia adalah rival semua mutan dan harus dihancurkan. Sedangkan Charles Xavier masih yakin mutan bakal diterima manusia dan mau membantu pemerintahan. Bentrok ideologi mungkin terlihat dengan jelas di ending film, tapi sesungguhnya konflik antara dua orang ini sudah terjadi dari awal film. Gw suka sama dua quote yang secara gamblang memperlihatkan perbedaan antara mereka. Yang pertama adalah perkataan Charles, "Killing will not bring you peace.", lalu statement Erik yang sudah terlihat kokoh, "Tomorrow, mankind will know that mutants exist. They will fear us, and that fear will turn to hatred."

Selain dua karakter terdepan di atas, masih ada beberapa mutan yang turut meramaikan X-Men: First Class ini. Yang paling saya suka adalah karakter Raven a.k.a Mystique dan Hank a.k.a Beast yang keduanya sama-sama dilematis. Mystique dan Beast memiliki penampilan yang mencolok dibanding yang lain. Kalau di tiga film X-Men pertama sosok Mystique hanya bisa dilihat lewat tubuh biru nya, disini semua bisa melihat penampilan luar lainnya yang terlihat seperti manusia. Begitu pula dengan Beast. Dua sosok 'biru' disamping diperankan dengan baik oleh Jennifer Lawrence dan Nicholas Hoult, dimana karakter mereka awalnya nggak percaya diri sama diri mereka yang agak menakutkan, tapi pada akhirnya sanggup menerima. Suka banget sama  “Mutant and proud” yang mempertajam isu rasial atau diskriminasi yang mereka hadapi. Selain mereka masih ada beberapa mutan lain yang nggak kalah unik. Sebut saja Havok (Lucas Till) yang mampu membelah apapun dengan laser merah yang keluar dari tubuhnya. Mirip Cyclops kan? Nggak usah bingung, karena dalam komik Havok adalah ayah dari Cylops. Ada Banshee (Caleb Landry Jones) yang memiliki suara supersonik yang memekakkan telinga, lalu Angel (Zoe Kravitz), seorang stripper yang bisa terbang dan mengeluarkan ludah api. Di kelompok villain, ada Sebastian Shaw yang mampu menyerap energi dan menggunakannya. Ada Emma Frost (January Jones), si ahli telepati yang bisa berubah bentuk menjadi kristal. Jangan bingung kalo pernah lihat Frost di X-Men: The Last Stand, karena keduanya adalah orang yang berbeda. Masih di sisi villain, ada Azazel si setan merah dan Riptide si storm-maker, yang sangat disayangkan keduanya bagaikan tempelan karena tidak ada satupun cerita dan dialog disodorkan bagi mereka. Masih ada satu mutan lagi yang mati lebih dulu, tapi saya lupa. Oiya, nggak ketinggalan Moira MacTaggert, anggota CIA yang turut bekerja sama dalam menjalankan visi dan misi Charles. 
Talking point...
Bromance oh bromance. X-Men: First Class semakin memperkuat rasa cinta saya pada semua film X-Men. Awal dari trilogi-prekuel yang menakjubkan, didukung oleh chemistry antar semua cast yang terjalin dengan sangat kuat. Jangan lupakan ending film yang 100% mengharukan, gw aja sampai merinding. I think X-Men First Class is the best of the five xmen films, at this point, the best film of 2011 (so far).

Rate :
1  2  3  4  5

No comments:

Post a Comment